Sabtu, 09 Juli 2016

Tugu Australia, Memori Perang Dunia II

Foto : Kechenk
Suka dengan sejarah – khususnya yang berkaitan dengan Perang Dunia (PD) II? Kalau iya, Sobat WB bisa kunjungi Tugu Australia yang terletak di depan Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman.

Tugu ini dibangun oleh Pemerintah Australia sebagai pengingat gugurnya ratusan prajurit Divisi VII. Mereka gugur akibat dibombardir meriam tentara Jepang saat mencoba melakukan pendaratan di Balikpapan.

Setiap tahun, perwakilan Pemerintah Australia dan warganya yang tinggal di Balikpapan mengadakan upacara penghormatan di Tugu ini. Sobat WB bisa melihat jalannya upacara yang diselenggarakan pada Hari ANZAC (ANZAC day) yang jatuh setiap tanggal 25 April ini.

TIPS :

  • Sobat WB bisa naik Angkot nomor 3 atau 6 untuk mencapai lokasi ini. Dan berhati-hatilah saat mendekati Tugu karena letaknya di Bundaran di tengah jalan raya yang ramai dengan kendaraan.
  • Warga Balikpapan biasa menggunakan Lapangan Merdeka sebagai tempat untuk jogging atau sekedar jalan santai di pagi dan sore hari. Khusus weekend, tempat ini juga dipenuhi oleh pedagang makanan, minuman dan mainan. Pada hari Minggu pagi diberlakukan zona bebas kendaraan bermotor (Car Free Day). Mau berbaur dengan warga? Sobat WB tinggal datang ke tempat ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar