Minggu, 10 Juli 2016

Tugu Mathilda, Cikal Bakal Balikpapan yang Digembok


Kota Balikpapan memiliki julukan sebagai Kota Minyak. Nah dari julukannya tentu Sobat WB sudah bisa mengira-ngira kalau kota ini ga jauh-jauh dari urusan minyak. Di sini berkantor beberapa perusahaan multinasional yang nyari minyak. Juga perusahaan lain yang berstatus suplayer atau sub kontraktor bagi perusahaan-perusahaan minyak besar.

Bahkan tanggal 10 Februari 1897 – yang ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Kota Balikpapan – adalah tanggal dimulainya pengeboran minyak pertama di sini. Sumur pertama ini dinamai Mathilda, diambil dari nama anak Jacobus Hubertus Menten yang mengajukan konsesi pengeboran kepada Pemerintah Hindia Belanda waktu itu.

Sumur Mathilda yang dioperasikan hingga tahun 1903 ini kemudian dijadikan monumen oleh Pemerintah. Letaknya ada di kompleks Pertamina, tepatnya di pinggir Jalan Yos Sudarso (dahulu Jalan Minyak) di dekat kilang-kilang minyak milik Pertamina.

Sayangnya Monumen/Tugu Mathilda yang dipercaya sebagai cikal bakal Kota Balikpapan ini berada di dalam pagar yang digembok. Katanya sih, Sobat WB bisa masuk ke area monumen setelah mendapat ijin. Tapi ga ada tanda di sekitar monumen yang menunjukkan kemana dan kepada siapa permohonan ijin harus diajukan.

Tanya ke sekuriti atau Satpam kompleks Pertamina? Jangan harap deh. Boro-boro soal ijin, letak monumen aja mereka pada ga tahu.


Foto-foto : Kechenk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar